12 agustus

Berita itu sampai saat kami sedang ada di sebuah mall…
berita yang sangat mengguncang kami..  mama khususnya ..
Nenek meninggal .. Hari minggu 12 agustus 2012..
Kami baru pulang dari gereja siang itu .. kami berencana membuat makan siang khas Toraja… maka dari itu kami mampir kesebuah swalayan yg ada di Mall di dekat rumah..
Sepanjang jalan dari gereja , mama masih sempat bertelepon dengan adiknya yang ada dikampung..
adik mama itulah yg terus menemani nenek.. saat mama bertelepon dengan adiknya , Nenek masih ada.. beliau masih ada di dunia ini ..
Tapi saat kami sedang membayar belanjaan , ada telepon dari kampung …
dan berita itu ada ..
mama sangat kaget ..melihat ekspresi mama , aku mengerti , aku sudah kehilangan ..
aku yang tadinya memegang troli , langsung bergeser kesamping mama.. aku memegang pundak mama…
mama berusaha menahan tangisnya dikeramaian..
dengan segera kami kembali pulang ..
panik kami mencari mobil yang diparkir oleh supir .. begitu sampai dimobil..
mama menangis meraung-raung…mama sempat tak sadarkan diri.. aku panik..
papa tidak ada bersama kami waktu itu.. 
papa sedang ada dikampung mengurus beberapa hal.. sebelum berita tersebut ada, papa yang berencana pulang ke jakarta keesokan harinya sedang dalam perjalanan menuju makassar dari Toraja… papa langsung kembali ke Toraja saat itu ..
Mama sedih..aku sedih ..
Siang itu , mama langsung memesan tiket pulang ke kampung..
aku membantunya .. juga sekalian membantu tante yg ada di balikpapan untuk mencari tiket..
tidak sulit mencari tiket dari jakarta.. namun tiket dari balikpapan sangat jarang.. untunglah tante masih mendapatkannya..
aku mengantar mama .. aku tidak ikut.. sayang sekali karena keesokannya aku harus masuk kuliah ..
agak khawatir aku mengantar mama.. khawatir apakah mama akan baik saja dalam perjalanan..
mama belum makan siang.. mama dalam keadaan terguncang..
“Ndak ada mi mamaku “ selalu berteriak seperti itu saat menangis.. aku terenyuh melihat mama..
Dari 11 bersaudara , mama adalah anak ke-9 ..cukup dekat dengan Nenek.. Cukup manja..
Begitu mama pergi , aku sering merenung sendiri.. 
aku sempat menangis , tapi tidak lama… 
aku tidak banyak menghabiskan waktu dengan nenek..
Recall Memory………………… kemudian aku berusaha mengingat kejadian-kejadian bersama nenek…
tidak tahu …
aku merasa seperti ada lubang kosong didalam hati ..

“Semua orang sayang nenek.. tapi Tuhan lebih sayang ” 

 Aku ingin mengatakan itu pada mama.. tapi aku sendiri tidak kuat mengatakannya ..
mengingat sakit yang diderita nenek menjelang kepergiannya .. aku ingin mengihklaskannya .. kasihan beliau..
sudah tidak makan.. sering sesak napas dimalam hari , karena kerja jantung yang lemah..
Dirumah ada 2 foto besar nenek.. adanya diruang tengah.. selalu melewati ruangan itu.. selalu melihat foto nenek.. dan rasanya…………….

aku pernah mengkhayal , suatu saat ..
saat aku akan menikah , aku akan memperkenalkan calon suamiku pada nenek.. aku ingin nenek mengenal jodohku.. aku ingin nenek memberi restu ..
aku ingin nenek ada saat itu ..

Manusia didunia
tidak ada yang miliki kuasa
hanya bisa  mencinta 
lalu kemudian hampa
ada pertemuan
ada perpisahan
semua yang mengatur Tuhan
rasanya sedih
ada sedikit pedih
 bahwa kita sudah tidak bisa merasa
sudah tidak bisa meraba
juga tidak bisa melihatnya
sesaat lalu  dia aku peluk
namun sekarang bumi yang memeluk
sesaat lalu nyawa masih ada
namun sekarang hanyalah raga
aku…. merasa hampa

Tinggalkan komentar